Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Beserta Tujuan, Strategi dan Prosesnya

Sebagai pelaku usaha yang menggeluti dunia bisnis, komunikasi menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh luput dari perhatian. Karena komunikasi menjadi sangat krusial yang dapat menuntun suksesnya sebuah usaha. Dalam hal ini komunikasi memiliki makna yang sangat luas, yang mana dapat mencakup komunikasi yang dilakukan dengan tim, konsumen, maupun dengan partner bisnis yang menunjang usaha yang dijalankan terus berekembang.

Dalan berkomunikasi, tidak dapat dilakukan sembarangan, karena perlu memahami tehnik komunikasi yang dalam dunia usaha dikenal dengan komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran memiliki model komunikasi sebagai salah satu strategi pemasarannya yakni komunikasi pemasaran terpadu. Berikut penjelasan mengenai hal tersebut.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan penggabungan dari beberapa elemen komunikasi pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (produk, harga, tempat, dan promosi), yang mana penggabungannya tersebut menghasilkan beberapa aktivitas pemasaran yakni periklanan, pemasaran langsung, pemasaran interaktf, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan personal. Hal ini telah disebutkan sebelumnya oleh Morissan (2010) pada bukunya yang berjudul "Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu". Aktivitas pemasaran tersebut sangat memberikan pengaruh besar dalam membangun hubungan antara pelaku usaha dengan konsumennya. Sehingga adanya aktivitas tersebut memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan misalnya saja dalam hal peningkatan pendapatan.

Sejarah Komunikasi Pemasaran Terpadu

Tahun 1990 menjadi awal terbentuknya komunikasi pemasaran terpadu, yang mana aktivitas pemasaran khususnya bagian pemasaran tidak lagi menggunakan tehnik tradisional. Para pelaku usaha saat itu telah beralih menggunakan konsep modern yang mengaplikasikan 4P (product, price, place dan promotion). Nah, dengan adanya strategi tersebut menjadi awal munculnya komunikasi pemasaran terpadu. Hal tersebut sebagaimana telah dijelaskan pada poin diatas sehingga aktivitas pemasaran tidak melulu hanya iklan, namun ada banyak berbagai aktivitas lainnya.

Tujuan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi pemasaran terpadu bertujuan untuk mempersuasi atau mempengaruhi khalayak luas dengan berbagai elemen komunikasi pemasarannya yang diterapkan. Mulai dari khalayak melihat, tertarik, hingga mampu merubah perilaku atau sikap untuk membeli sebuah produk. Tentunya dalam hal ini setiap elemen komunikasi pemasaran memiliki tujuan yang berbeda-beda tergantung dari perusahaan itu sendiri.

Dalam prosesnya, komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan secara berkala dan berlaku jangka panjang misalnya aktivitas yang dilakukan oleh Hubungan Masyarakan atau public relation yang membentuk CSR dengan masyarakat sehingga membangun hubungan yang lebih intens dengan perusahaan. Adapula aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh sales promotion misalnya dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki menjalin interaksi secara langsung dengan konsumen sehingga mampu mempengaruhi konsumen untuk memberikan sikap yang diharapkan.

Adapun revolusi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang perlu untuk diketahui ialah sebagai berikut:
- Koordinasi Taktis Santo
Tahap ini, mencakup kombinasi antara komunikasi interpersonal dan juga cross-functional yang digunakan dalam elemen promosi. Dengan menggunakan cara ini memiliki kelebihan yaitu dapat melihat tujuan dengan jelas sesuai dengan tools penjualan yang ada.

- Definisi Ruang Lingkup Marketing Komunikasi
Pada tahapan ini, mencakup elemen komunikasi yang cukup luas, yakni aktivitas yang memberikan informasi untuk pelanggan, yang sekaligus melakukan evaluasi dan feedback yang diberikan oleh konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan adanya feedback tentu menjadi sebuah penilaian yang sangat penting untuk terus mengembangkan usaha.

- Memanfaatkan Teknologi Informasi
Teknologi saat ini terus mengalami perkenmbangan yang sangat pesat khususnya dalam bidang teknologi informasi. Adanya perkembangan dalam bidang tersebut dimanfaatkan dengan optimal oleh dunia usaha untuk membentuk database menajemen yang bertujuan untuk mengolah semua data yang berkaitan dengan konsumen.

- Integrasi Strategi Serta Keuangan
Dalam tahap ini, memiliki tujuan untuk menyelaraskan program komunikasi dan program keuangan juga memperkirakan soal aliran dana yang masuk ke perusahaan dari para konsumen.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

Menjalankan tehnik Komunikasi Pemasaran Terpadu tentunya membutuhkan berbagai strategi untuk dijalankan dengan lancar sesuai dengan perencanaan, diantaranya:
- Target Pasar VS Target Audiens 
Menjalanakan strategi komunikasi pemasaran terpadu mewajibkan untuk memahami mengenai soal istilah diatas. Target pasar adalah para konsumen dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan, sedangkan target audiens merupakan masyarakat yang dijadikan sasaran oleh perusahaan untuk melakukan komunikasi.

- Strategi Media
Perpaduan antara penggunaan media massa, interpersonal dan juga interaktif. Penting juga untuk mengetahui strategi pendekatan komunikasi dengan media yang efektif dan dapat dimanfaatkan dengan baik dan optimal.

- Strategi Pesan
Kaitannya dengan hal ini mencakup konsep penetrasi pesan atau pendekatan maupun daya tarik, dan juga tentang eksekusi pesan yang akan dilakukan kepada konsumen.

- Line Elements
Dalam hal ini, mencakup dua unsur yakni Soft Sell dan Hard Sell 

- Budget
Mencakup top-down atau bottom-up

Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran

Proses perencanaan menjadi langkah selanjutnya usai dibentuknya sebuah strategi, adapun 5 perencanaan yang harus dilakukan ialah, sebagai berikut:
- Melakukan identifikasi tentang konsumen serta nilai kemajuan
- Memperkirakan tentang konsumen beserta nilai kemajuan
- Melakukan perencanaan pesan komunikasi
- Memperkirakan aliran dana yang masuk ke perusahaan dari para konsumen
- Lakukan evaluasi usai membeli barang, serta melakukan analisa permintaan konsumen dari produk yang ditawarkan 

Proses Dalam Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu 

Untuk dapat mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu dengan baik dan benar, diperlukan 7 tahapan yang perlu dilakukan untuk memperoleh hasil yang optimal, diantaranya:
- Review of Marketing Plan
Langkah pertama ini, mengharuskan dilakukannya persiapan data internal yang mencakup situasi organisasi maupun atribut produk. Selain itu juga, perlu dilakukan periapan data eksternal yang mencakup situasi makro, target pasar, maupun competitor.
- Analysis of Promotional Program Situation
Pada tahap ini diperlukan analisa mengenai kekurangan dan kelemahan data serta menemukan dari sebuah sumber permasalahan, kemudian mencari tahu juga bagaimana cara untuk menyelesaikannya.
- Analysis of Communication Process
Pada tahap ini, perlu dilakkan anlisa mengenai tanggapan atau respon dari para penerima informasi, kemudian respon terhadap penyampaian informasi atau pesan, dan juga saluran informasi yang digunakan selama ini.
- Budget Determination
Dalam tahapan ini, diperlukan penyusunan di dalam perusahaan, apakah menggunakan sistem top-down yang mana modal telah disediakan di awal, atau menggunakan bottom-up yang mana merupakan penggunaan beberapa anggaran yang dibutuhkan dalam menyusun rencana tersebut, serta bagaimana cara mengoleksi dana ini.
- Develop IMC Program
Pada tahap ini, menggunakan pengembangan komunikasi pemasaran yang akan diterapkan.
Integrate and Implement Komunikasi Pemasaran Terpadu Stategies
Menjalankan Komunikasi pemasaran terpadu juga perlu membentuk suau straegi yakni marketing mix, menggunakan media time dan juga dpace, memproduksi iklan, menjalankan desain yang sebelumnya telah digunakan untuk diimpelemnentasikan sesuai dengan program yang telah ditempuh.
- Monitor, Evaluate, and Control IMC Program
Tahap ini merupakan tahap akhir yang perlu dilakukan yakni mencakup evaluasi dari hasil kinerja yang telah dilakukan dan disusun rapi, dengan menilai apakah strategi yang dijalankan telah efektif dan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Selain itu juga perlu dilakukan analisa, apakah trik yang digunakan dalam aktivitas pemasaran sudah sejalan dengan strategi yang digunakan atau tidak.

Demikian sedikit ulasan mengenai Komunikasi Pemasaran Terpadu, semoga bermanfaat dan dapat membantu usaha yang dijalankan dikehidupan sehari-hari.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Beserta Tujuan, Strategi dan Prosesnya
(Accurate)

0 Comments

Posting Komentar