MotoGP Mandalika 2021 Batal, Ini Alasannya

Perhelatan MotoGP Indonesia yang akan digelar di Mandalika International Street Circuit Kabupaten Lombok Tengah resmi batal digelar pada Oktober 2021, melainkan ditunda menjadi tahun depan. Hal ini dijelaskan oleh Zulkieflimansyah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal tersebut diputuskan oleh perwakilan Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor International ((Fédération Internationale de Motocyclisme/FIM) setelah melakukan inspeksi pada Rabu, 0/04/2021.

FIM merupakan organisasi internasional sepeda motor yang beranggotakan 112 federasi yang dibagi ke dalam enam benua. Dorna sendiri adalah organisasi yang menyelenggarakan balapan MotoGP dan pemegang hak komersial untuk olahraga motor MotoGP.

Zulkieflimansyah menyebutkan dalam akun instagram resminya @zulkieflimansyah pada Sabtu, 10/04/2021. Ia menerangkan bahwa MotoGP tidak gagal dilaksanakan di Mandalika, melainkan tetap akan dilaksanakan di Mandalika, tetapi bukan di bulan Oktober 2021, akan tetapi akan digelar pada bulan Maret 2022. 

Ia kemudian melanjutkan pemaparannya bahwa Dorna puas dengan kondisi sirkuit mandalika bahkan sangat yakin perlombaan bisa dilaksanakan Oktober 2021. Namun ia yang merasa agak berat dan memutuskan sebaiknya Maret 2022. Alasannya karena Indonesia belum yakin pada Oktober 2021 bisa mampu untuk mengendalikan Covid-19.

Ia pun kembali menjelaskan bahwa terasa tidak puas bila tidak menyaksikan MotoGP tanpa dihadiri penonton. Perhelatan tersebut juga tidak bisa dibanjiri penonton karena diharuskannya menepati protokol kesehatan. Selain itu juga, international border diberbagai negara belum sepenuhnya dibuka. Sehingga ia lebih memilih untuk menunda atau memundurkan event terbesar dunia itu ke bulan Maret 2022. Dengan berharap vaksinasi lancar dan Covid-19 bisa dikendalikan dan lingkungan sekitar juga lebih hijau dan asri di bulan Maret dibandingkan dengan bulan Oktober yang gersang dan tandus. Untuk itu, sebagai buah dari suatu penantian yang dilakukan para pecinta MotoGP, 14 November 2021 Dorna sudah mulai menyelenggarakan Superbike yang tidak kalah bergengsinya yang kemudian dilanjutkan dengan Word Moto Cross 2021 di Mandalika. Pihak Dorna Sports dan FIM dalam pernyataan resminya menyatakan puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan selesai pada pertengahan 2021.

Sementara, meski pihak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) optimistis dapat menggelar balapan MotoGP Indonesia tahun ini di Mandalika. Dorna Sports dan FIM memastikan MotoGP Indonesia akan digelar pada awal tahun 2022.

Dorna Sposts dan FIM memberikan pernyataan resminya pada Sabtu, (10/04/2021) dengan memberikan target untuk tetap menggelar balapan MotoGP di trek tersebut pada paruh pertama musim 2022. Dorna Sports dan FIM juga telah membuka kemungkinan Sirkuit Mandalika bisa menggelar tes dengan pesertanya yakni para pembalap kelas MotoGP 2021 akhir.

MotoGP Mandalika 2021 Batal, Ini Alasannya
MotoGPSkor

Dorna juga menambahkan bahwa apabila MotoGp dapat dilaksanakan di balapan Asia Tenggara jelang akhir MotoGP 2021. Upaya untuk melakukan tes tim bagi kelas MotoGP di sirkui mandalika akan diupayakan sebagai antisipasi masuknya trek ini di kalender balap 2022. Kemudian untuk MotoGP Thailand dan Malaysia akan dijadwalkan berlangsung pada akhir musim 2021. Sehingga Sirkuit Mandalika berpeluang besar menggelar tes yang akan dilakukan pada pertengahan Oktober 2021 atau awal November 2021. (CNBC Indonesia).

0 Comments

Posting Komentar