Mulai Investasi Emas di Pegadaian Digital, Mudah Tanpa Resiko!

Investasi merupakan hal yang diminati oleh banyak orang. Investasi merupakan kegiatan membeli suatu komoditas, barang, atau lembar saham saat harga rendah dan disimpan untuk dijual saat harga tinggi. Lalu mengapa investasi emas? Mari simak perbandingan antara beberapa instrumen atau cara investasi yang sudah banyak di lakukan oleh orang:

1. Investasi Uang

Investasi uang yang paling umum adalah menabung di bank. Orang-orang menabung rupiah mereka dan mendapatkan bunga dari bank, akan tetapi bunga ini sangat-sangat kecil sehingga uang malah akan tergerus karena biaya admin bulanan daripada bertambah.

Investasi uang yang kedua adalah deposito atau tabungan berjangka. Orang-orang menyetorkan sejumlah uang dan tidak bisa ditarik kapan saja, karena bank menggunakan uang deposit untuk membiayai proyek-proyek perusahaan lain yang bekerjasama dengan bank tersebut. Deposito beragam mulai dari beberapa bulan, setahun, hingga beberapa tahun. Profit atau keuntungan deposito ini tinggi dan resiko hampir tidak ada sama sekali.

Investasi uang selanjutnya yang lazim dilakukan adalah mengoleksi atau membuka tabungan mata uang asing, yang paling umum dan menguntungkan adalah USD atau Dollar Amerika Serikat. Yaitu dengan cara membeli mata uang asing saat nilai tukar terhadap rupiah melemah dalam artian harganya dalam Rupiah murah dan dujual saat uang asing tersebut menguat terhadap Rupiah (harga tinggi).

2. Investasi Saham

Saham merupakan instrumen pembiayaan di perusahaan, uang yang pemodal tanamkan dari seluruh dunia yang menggunakan mata uang berbeda-beda diseragamkan menggunakan lembar saham. Orang-orang membeli saham dari perusahaan, sehingga perusahaan dapat menjalankan bisnis menggunakan uang-uang pemodal atau pemegang saham. Membeli saham di masa sekarang dapat melalui aplikasi-aplikasi trading saham di handphone. Saham yang dijualpun bervariasi mulai dari saham di perusahaan tambang, minyak dan gas bumi, manufaktur, dan lain sebagainya. Instrumen ini dianggap yang paling menguntungkan namun paling beresiko, jika keputusan tepat waktu saat membeli atau menjual saham, maka keuntungan tinggi, jika salah maka saldo saham anda akan melayang. 

Dalam investasi non-uang juga dikenal istilah liquiditas yaitu semakin tinggi liquiditas artinya semakin cepat dan mudah suatu barang atau bentuk investasi tersebut dicairkan atau dibeli sehingga menjadi uang kembali sehingga dapat anda manfaatkan. Liquiditas saham termasuk sangat tinggi, dan anda dapat melakukan penjualan saham langsung dari aplikasi trading, kepada broker atau pengepul saham. Namun pastikan aplikasinya terpercaya ya.

Saham sangat dipengaruhi oleh kondisi Negara, Global, dan Daerah/Lokal. Disaat orang-orang merasa aman untuk membeli saham, maka keputusan banyak orang untuk membeli saham ini mempengaruhi harga saham akan naik, sebaliknya jika terjadi ancaman, ketidakstabilan ekonomi, demonstrasi besar, atau pandemi, orang secara umum akan menjual saham dan beralih ke instrumen investasi yang lebih minim resiko, seperti emas.

3. Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia dengan liquiditas tinggi. Harga emas cenderung stabil walaupun tidak menjanjikan hasil yang tinggi seperti saham, namun harga emas cenderung selalu naik dan minim resiko bahkan tanpa resiko. Mengapa harus menabung emas di Pegadaian?

Di Indonesia terdapat beberapa tempat membeli emas murni 24 Karat, yang paling terkenal yaitu Emas yang dijual perusahaan Antam atau kita kenal dengan Emas Antam. Namun, untuk mendapat emas antam, kita harus antre dan harus membeli fisik atau membayar sejumlah uang untuk menyewa brankas emas di Antam. Namun sekarang, Pegadaian membuka layanan titip emas bernama Tabungan Emas Pagadaian, melalui aplikasi Pegadaian Digital, masyarakat dapat membeli emas dalam satuan terkecil, dan dapat menjualnya kapanpun dan dengna biaya titip yang rendah.

Emas yang dijual oleh Pegadaian adalah emas antam asli 24 karat. Anda juga dapat meminta percetakan emas melalui aplikasi dan mengambil di cabang Pegadaian yang anda pilih saat membuka rekening via apps. Jangan lupa juga setelah mendaftar rekening melalui aplikasi, langsung datang ke cabang untuk mengaktifkan Full Service dan mengambil buku tabungan.

Harga yang diberlakukan oleh Pegadaian memang lebih tinggi dari harga yang dikeluarkan oleh Antam akan tetapi tidak terlalu masalah mengingat jaminan minim resiko dan secara otomatis, tabungan emas Pegadaian ini merupakan cara investasi emas termudah saat ini.

Berbeda dari saham, emas justru diminati saat keadaan kurang kondusif. Banyak orang memilih membeli emas untuk mengamankan harta. Perilaku membeli emas besar-besaran dari sejumlah besar orang akan meningkatkan harga emas dan sebaliknya, perilaku menjual emas besar-besaran oleh sejumlah besar masyarakat akan menurunkan harga emas. Masa pandemi di awal dan pertengahannya mengakibatkan harga emas meroket, melonjak tajam sampai menyentuh harga lebih dari satu juta rupiah per gram. Hal itu terjadi karena masyarakat menarik uangnya di pasar saham, deposito, dan bank karena kondisi pandemi membuat proyek-proyek lamban, ekonomi menjadi lamban dan perputaran uang yang lamban ini meningkatkan resiko rugi, maka masyarakat mengalihkan uangnya untuk membeli emas sehingga mengakibatkan harga emas melonjak tinggi. Namun setelah ekonomi dunia beranjak pulih yaitu saat ini, juga saat vaksin menjadi populer. Orang-orang kembali berpikir untuk bermain saham yang menggiurkan sehingga menjual emasnya untuk mengalihkannya ke saham atau deposito sehingga kami prediksi harga emas akan terus anjlok hingga akhir tahun ini.

Di saat harga emas anjlok, makan keputusan yang tepat adalah membeli emas, bagi anda yang telah memilik emas, jangan dijual sampai harga tinggi. Dan karena prediksi kami harga emas akan terus turun, maka jangan terburu-buru membeli emas, karena harga akan terus turun maka tunggu sampai menyentuh harga yang sangat rendah agar keuntungan berlipat. Investasi emas memerlukan kesabaran karena jika anda menjual kembali dalam waktu dekat, anda dipastikan rugi. Namun jika anda niatkan untuk jangka panjang (terus membeli secara rutin, dan menjualnya sesekali dalam rentang waktu yang sangat lama, misal minimal 6 bulan, setahun, atau setelah bertahun-tahun baru dijual) maka keuntungan yang anda dapatkan dipastikan tinggi.

Berikut harga emas Pegadaian hari ini per 9 Maret 2021:

Harga yang harus anda bayar (harga jual oleh Pegadaian): 857.000/gram
Harga yang anda terima saat menjual emas (harga beli oleh Pegadaian: 831.000/gram

Terima kasih.



0 Comments

Posting Komentar