Program Pelatihan Kerja Kapal Pesiar BLK Lombok Timur NTB

PELATIHAN KAPAL PESIAR RESMI BLK LOTIM 2021
+ SUBSIDI BIAYA PENDAFTARAN!!!

SILAHKAN SIMPAN/CATAT LINK PENTINGNYA,
BERIKUT INI:

1. BACA INFO LENGKAP PELATIHAN KAPAL PESIAR 2021 DI
bit .ly/nesianet35 atau bit.ly/nesianet36
(buka google chrome lalu ketik alamat web tsb)

2. DAFTAR AKUN SISNAKER
bit.ly/nesianet37

3. FACEBOOK BLK LOTIM KHUSUS
PROGRAM UNGGULAN KAPAL PESIAR
bit.ly/nesianet38



LAIN-LAIN
Website Resmi http://blklotim.kemnaker.go.id/
Website Cari Loker: nesianet. com


Program Pelatihan Kerja Kapal Pesiar Balai Latihan ~ Pelatihan Kerja Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2021 - Pendaftaran Pelatihan Kapal Pesiar Tahun 2021 Telah Dibuka Hub. 085333572870 DAFTAR MELALUI WEBSITE KEMNAKER > DAFTAR/LOGIN > PILIH PELATIHAN > DI BLK LOTIM > CARI PELATIHAN YANG SESUAI, MISAL PELATIHAN KAPAL PESIAR INI (2021) > LENGKAPI DATA


Pendaftaran Pelatihan Kapal Pesiar di BLK Lotim Tahun 2021 Telah Dibuka


Tanya & Jawab Seputar Kelas Kapal Pesiar CLF dan UT

Housekeeping Cleaner disingkat CLF

Galley Utility disingkat UT


Tanya: Posisi apa saja yang dibuka untuk pelatihan kapal pesiar di BLK Lotim pada tahun 2021?

Jawab: Pelatihan kapal pesiar untuk sementara dibuka untuk posisi Housekeeping Cleaner dan Galley Utility, yang disesuaikan dengan kebutuhan industri kapal pesiar, kedua posisi ini adalah posisi level entry untuk memulai karir dikapal pesiar dan syarat-syarat dan kualifikasinya pun tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan posisi lainnya sehingga lebih mudah untuk melamar dan lebih banyak dibutuhkan di industri kapal pesiar.


Tanya: Kapan kelas kapal pesiar untuk CLF dan UT akan dimulai?

Jawab: Dijadwalkan kelas akan dimulai akhir bulan Januari atau awal bulan Februari 2021.


Tanya: Berapa banyak siswa-siswi yang diperlukan untuk pelatihan di 2021?

Jawab: Pelatihan untuk kapal pesiar pada tahun 2021 sementara dialokasikan untuk 160 siswa-siswi atau 10 Kelas, masing masing kelas berjumlah 16 orang. Jumlah akan direvisi dan disesuaikan batasan anggaran yang ada.


Tanya: Apakah pelatihan untuk kelas CLF dan UT dibuka sepanjang tahun 2021?

Jawab: Untuk sementara tidak, kelas CLF dan UT dibuka pendaftaran pelatihan pada Agustus 2020 sampai dengan kuota habis yaitu 160 orang. Bila kuota habis maka pendaftaran ditutup sementara sampai pembukaan kelas pelatihan baru. Dan pelatihan dimulai pada akhir bulan Januari atau awal bulan Februari 2021.


Tanya: Apakah kelas CLF dan UT adalah kelas yang berbeda atau terpisah?

Jawab: Kelas CLF dan UT adalah kelas yang sama, artinya Kelas CLF mempelajari UT dan begitu juga sebaliknya.


Tanya: Berapa lama pelatihan di kelas untuk CLF dan UT akan berlangsung?

Jawab: Pelatihan kapal pesiar di BLK Lotim berlangsung selama 5 minggu; 200 jam pelajaran, termasuk; Soft Skill, teori dan praktek; setiap hari belajar selama 8 jam.


Tanya: Apakah pelatihan di 2021, adalah pelatihan Blended (online) atau menginap di BLK Lotim (Boarding)?

Jawab: Pelatihan untuk 2021 adalah pelatihan Boarding, Anda diharuskan datang dan menginap di BLK Lotim selama 5 minggu, dan disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku di BLK Lotim.


Tanya: Apakah setelah lulus kelas akan mendapatkan Sertifikat CLF dan UT, dua sertifikat?

Jawab: Tidak 2 sertifikat, tetapi 1 sertifikat sebagai CLF dan UT, sertifikat diterbitkan dalam bahasa inggris.


Tanya: Apakah bayar untuk mendapatkan pelatihan CLF dan UT?

Jawab: Pelatihan kapal pesiar CLF dan UT adalah Gratis subsidi dari Pemerintah, BLK Lotim menyediakan Seragam Praktek dan Teori, Tas, Modul, Kamar Siswa, Makan dan Minum.


Tanya: Apakah setelah lulus, siswa akan ditempatkan di kapal pesiar atau dijamin akan ditempatkan dikapal pesiar?

Jawab: BLK Lotim akan membantu dalam pencarian pekerjaan dan penempatan sesuai kebutuhan agen/user kapal pesiar dan tidak menjamin dapat diterima oleh perusahaan kapal pesiar karena tergantung kepada kemampuan siswa, misalnya: kondisi kesehatan, kondisi keuangan untuk pengurusan dokumen dan tiket pesawat, keabsahan dokumen yang dimiliki, penguasaan pengetahuan posisi yang dilamarnya, penguasaan keterampilan, kemampuan bahasa inggris, sikap dan prilaku, hasil wawancara, dan lain sebagainya sesuai dengan Syarat-syarat dan kualifikasi yang ditetapkan oleh industri kapal pesiar.


Tanya: Apakah apabila gagal wawancara oleh User kapal pesiar, kami tidak bisa bekerja di kapal pesiar?

Jawab: Gagal wawancara bukan berarti kegagalan total, akan tetapi dapat dicoba lagi di perusahaan kapal pesiar lainnya, banyak perusahaan-perusahaan lain di industri kapal pesiar. Apabila gagal wawancara karena kekurangan persyaratan dan kualifikasi maka kami sarankan untuk melengkapi terlebih dahulu kemudian dapat melamar kembali, misalnya: tidak punya paspor, kemampuan bahasa inggris yang kurang, tidak fit atau tidak sehat, kurang pengalaman kerja dan lain sebagainya.


Tanya: Apakah kalo saya menderita sakit yang perlu pengobatan terlebih dahulu apakah saya masih bisa diterima untuk bekerja di kapal pesiar?

Jawab: Penyakit yang biasanya menular (hepatitis, HIV, Virus Corona, TBC dll) maka tidak diperbolehkan untuk bekerja dikapal pesiar. Apabila bisa diobati dan sembuh dan dibuktikan dengan rekam medik, maka boleh untuk melamar kembali dan menunggu untuk diwawancara dengan agen/user.


Tanya: Apakah BLK akan membantu proses pembuatan Paspor?

Jawab: Tidak, Untuk saat ini belum bisa membantu pembuatan paspor, kami sarankan untuk membuat paspor sebelum kelas pelatihan dimulai atau jika tidak sempat, pembuatan paspor dapat dilakukan setelah selesai pelatihan kapal pesiar di BLK Lotim.


Tanya: Berapa lama paspor akan selesai setelah siswa mendapatkan tanda terima pembuatan paspor dari immigrasi?

Jawab: Paspor biasanya selesai antara satu sampai dua minggu setelah pembayaran dilakukan. Untuk saat ini proses pembuatan paspor dilakukan sendiri oleh masing-masing siswa-siswi.


Tanya: Apakah BLK membantu proses pembuatan buku pelaut untuk siswanya dan berapa harganya?

Jawab: tidak. Saat ini belum dapat dibantu.


Tanya: Berapa lama buku pelaut selesai?

Jawab: Buku pelaut diterbitkan biasanya beberapa hari atau kurang dari seminggu.


Tanya: Apakah itu BST?

Jawab: BST adalah Basic Safety Training atau pelatihan dasar keselamatan kerja di atas kapal yang wajib dimiliki oleh setiap pelaut yang diterbitkan oleh Departemen Perhubungan Republik Indonesia melalui Penyedia Diklat BST.


Tanya: Apakah itu SAT?

Jawab: SAT adalah Security Awareness Training atau Pelatihan Kewaspadaan Keamanan yang wajib dimiliki apabila siswa akan melamar pekerjaan di perusahaan kapal pesiar tertentu.


Tanya: Apakah BLK akan membantu membuatkan BST dan SAT?

Jawab: Ya, BLK Lotim akan membantu proses pembuatan BST dan SAT, Kelas Teori untuk BST dan SAT diselenggarakan di BLK selama tiga hari, kemudian Praktek di Mataram atau di Bali selama 1 hari. Sertifikat BST biasanya selesai dan dikirimkan ke BLK Lotim sekitar 2 sampai 3 minggu setelah pelatihan BST, dan untuk Sertifikat SAT memerlukan waktu sekitar 2 minggu setelah sertifikat BST diterbitkan.


Tanya: Berapakan Biaya BST dan SAT?

Jawab: Biaya BST umumnya sekitar Rp. 1.700.000 dan Biaya SAT sekitar Rp. 1.000.000, untuk siswa BLK mendapatkan harga spesial yaitu BST Rp.1.100.000 dan SAT Rp. 800.000. semua pembayaran dilakukan langsung di Penyedia Diklat pada saat kelas praktek. Setelah pembayaran siswa wajib menyimpan tanda terima pembayaran BST, kemudian menyerahkan salinan tanda terima BST kepada BLK Lotim untuk mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah untuk BST dan untuk transportasi.


Tanya: Apakah boleh melamar kalo saya tidak bisa bahasa inggris?

Jawab: Belum boleh, Karena didalam pelatihan kapal pesiar, metoda pembelajaran baik teori, praktek dan penjelasan menggunakan menggunakan bahasa inggris.


Tanya: Apakah boleh melamar kalo saya sudah pernah menjadi siswa BLK PBK perhotelan atau pelatihan lainnya?

Jawab: Boleh, asalkan sudah pernah on the job training minimal 6 bulan atau pernah bekerja dihotel minimal 6 bulan yang dibuktikan oleh Surat Keterangan Kerja atau Referensi Kerja dan dicantumkan nama supervisor dan kontaknya juga kepada personalianya (Min. 2 orang), total pengalaman kerja minimal 6 bulan baik sebagai pekerja ataupun ‘on the job training’ dan bisa berbahasa inggris aktif.


Tanya: Apakah bisa diterima jika saya buta warna, tetapi bisa bahasa inggris dan punya pengalaman kerja selama min. 6 bulan?

Jawab: Boleh, Hanya untuk melamar kerja sebagai Housekeeping Cleaner (CLF) dikapal pesiar nanti, belum boleh jika melamar posisi lainnya.


Tanya: Apakah bisa melamar apabila tidak punya pengalaman pekerjaan, tetapi bisa bahasa inggris?

Jawab: Tidak, harus punya pengalaman kerja terlebih dahulu, baik ‘on the Job training’ minimal 6 bulan di hotel, atau pernah bekerja min. 6 bulan. kemudian bisa melamar kembali ke BLK Lotim.


Tanya: Apakah boleh pake jilbab bila bekerja di kapal pesiar?

Jawab: Saat ini belum bisa, insyaallah kedepannya.


Tanya: Apakah boleh memakai jilbab untuk mengikuti pelatihan CLF dan UT untuk kapal pesiar di BLK?

Jawab: Ya, Boleh.


Tanya: Apakah boleh melamar jika saya pernah patah tulang?

Jawab: Ya dan Tidak, Ya; Selama patah tulang tersebut sudah sembuh dan tidak sakit dan tidak menggangu aktivitas pekerjaan sebagai CLF atau UT, dan calon siswa bisa mengangkat barang 5 kg tanpa bantuan. Tidak; apabila patah tulang tersebut belum sembuh, atau berpengaruh kepada pekerjaan baik langsung atau tidak langsung.


Tanya: Untuk apakah surat keterangan sehat? dan komponen apa saja yang diperlukan?

Jawab: Surat keterangan Sehat (pra-medik) diperlukan untuk syarat BST, SAT, dan Buku Pelaut. Komponen Surat Keterangan Sehat harus berisi tinggi badan, berat badan, golongan darah, cek hepatitis, penglihatan umum, dan cek buta warna. Surat Keterangan Sehat dilakukan diklinik yang ditunjuk oleh Kementrian Perhubungan Laut. Yaitu: Klinik Utama Global Medika, Jalan Raya Paok Motong, Masbagik, Lotim atau Klinik Utama Nugraha Mataram, Jalan Pandawa No 10 Cakranegara, Mataram, untuk kota lain silahkan cek di situs https://bkkp.dephub.go.id, untuk komponen yang dicek diatas biaya sekitar Rp. 100.000, jika ada tambahan komponen maka harga akan naik, jadi harga tergantung komponen apa saja yang di cek dan pembayaran langsung dibayarkan di klinik.

Untuk Full Medical Check up, dilakukan setelah lulus wawancara dengan User dan setelah mempunyai Crew Id (identitas Crew Kapal Pesiar), yaitu setelah mempunyai paspor, BST, SAT dan Buku Pelaut. Full Medical Check Up dilakukan di RS/Klinik yang ditunjuk oleh User Kapal Pesiar, Full medical Check up tidak boleh dikerjakan di klinik yang lain yang tidak ditunjuk oleh User / Perusahaan Kapal Pesiar, karena hal ini tidak akan diterima, Biaya Full Medical Check Up sekitar Rp. 2.000.000 - Rp. 3.500.000 dibayarkan langsung ke RS/Klinik yang ditunjuk User kapal pesiar.


Tanya: Apakah Seragam Teori dan Praktek, dan buku pelatihan boleh dibawa pulang setelah lulus pelatihan?

Jawab: Ya Boleh, Seragam bekas teori dan praktek, tas, buku dan sepatu dan barang barang milik pribadi lainnya yang sudah tidak terpakai dilarang ditinggalkan di kamar siswa atau di BLK Lotim, Hal ini tercantum dalam peraturan di BLK Lotim tentang Penggunakan Kamar oleh siswa-siswi BLK Lotim, agar kamar siswa-siswi tetap bersih dan kamar dapat digunakan lagi oleh siswa angkatan berikutnya.


Tanya: Apakah didalam pelaksanaan pelatihan siswa CLF dan UT bisa gagal atau tidak lulus atau dikeluarkan dari BLK?

Jawab: Ya, apabila melakukan kriminal atau tindak pidana, seperti merusak fasilitas BLK, Mencoret-coret fasilitas BLK, berantem, mencuri, tidak mematuhi peraturan, dan lain lain yang dicantumkan di peraturan BLK lotim.


Tanya: Apakah bisa menggunakan HP saat dikelas atau saat selesai kelas?

Jawab: Tidak, HP tidak diijinkan digunakan di BLK selama proses belajar dari hari senin sampai dengan hari jum’at. 


Tanya: Apakah setelah wawancara oleh User/Principle Kapal Pesiar dan dinyatakan lulus, siswa mendapatkan jadwal penempatan ke kapal pesiar?

Jawab: Ya, apabila lulus. Dan Apabila tidak lulus maka tidak akan mendapatkan penempatan ke kapal pesiar.


Tanya: Apakah setelah wawancara oleh Agen Kapal Pesiar dan dinyatakan lulus, siswa mendapatkan jadwal penempatan ke kapal pesiar?

Jawab: Tidak, karena belum wawancara dengan User/Principle Kapal Pesiar.


Tanya: Berapa kali siswa harus diwawancara sampai mendapatkan jadwal penempatan (Letter of Employment/LOE) ke kapal pesiar?

Jawab: Satu kali apabila wawancara langsung sama User dan Dua kali wawancara apabila wawancara pertama dilakukan oleh agen perekrutan dan penempatan, kedua oleh User Kapal Pesiar.


Tanya: Agen manakah yang digunakan oleh BLK/ yang kerja sama dengan BLK?

Jawab: BLK tidak mengarahkan pada satu agen tertentu tetapi mengarahkan kepada agen resmi dan terpercaya, yang membuka lowongan pekerjaan CLF dan UT atas dasar permintaan dari User kapal pesiar kepada agennya dan tanpa adanya pungutan liar, sesuai MLC (Maritime Labour Convention) 2006 dan disyahkan menjadi UU no:15 Tahun 2015.


Tanya: Apakah BLK akan membantu membuat Visa?

Jawab: BLK hanya membantu pembuatan BST dan SAT. Untuk Paspor dan Buku Pelaut dilakukan sendiri dan Untuk Full Medical Check up, Visa, Tiket dan Letter of Employment diproses oleh agen yang telah merekrut siswa.


Tanya: Berapakah harga tiket?

Jawab: Harga tiket Relatif, tergantung Letter of Employment, atau jadwal penempatan, bila join di Bali maka tiket murah, berbeda lagi bila join di singapur, australia, amerika serikat, brazil, dan lain lain. Silahkan cek disitus penjualan tiket pesawat untuk harganya sebagai referensi harga.


Tanya: Apakah siswa bisa menolak Letter of Employment / LOE / Jadwal Penempatan?

Jawab: Tidak bisa, Sekali dapat LOE maka diusahakan untuk dipatuhi, apabila tidak maka biasanya sulit untuk mendapatkan LOE baru, kecuali hal hal darurat seperti ada keluarga yang meninggal/sakit keras dan harus dibuktikan dengan surat keterangan.


Tanya: Apakah suami istri bisa ditempatkan dikapal yang sama, apabila lulus wawancara dengan user kapal pesiar?

Jawab: Ya, apabila lulus wawancara dengan user, dan dapat membuktikan surat nikah dan lain lain.


Tanya: Berapa Lamakah kontrak di kapal sebagai CLF dan UT?

Jawab: Lama Kontrak selama 7.5-8 bulan, dan libur 2 bulan.


Tanya: Berapakah gaji CLF dan UT?

Jawab: Sekitar 11.5-12.5jt per bulan.


Tanya: Apakah posisi CLF dan UT dapat mengerjakan pekerjaan sampingan dikapal pesiar untuk menambah penghasilan bulanan?

Jawab: Ya. CLF dan UT dapat mengerjakan pekerjaan sampingan di kapal pesiar, dan harus disesuaikan dengan jam kerja, dan pekerjaan pokoknya agar tidak mengganggu jam kerjanya dan tidak menyalahi aturan maksimal kerja jam kerja per harinya.


Tanya: Apakah siswa-siswi boleh pulang ke rumah pada hari sabtu dan minggu atau pada hari libur pada saat masa pelatihan di BLK Lotim?

Jawab: Tidak, Pada saat pandemic ini, BLK Lotim meninggikan standar protokol kesehatan yang berlaku di BLK Lotim, salah satu protokol kesehatan tersebut adalah siswa dan siswi dilarang keluar/Pulang/Pergi ke rumahnya pada saat hari libur untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid19 yang sampai saat ini masih tersebar.


Tanya: Apakah siswa diperbolehkan keluar dari BLK untuk berbelanja atau bermain diluar BLK pada hari hari pelatihan?

Jawab: Tidak, Siswa-siswi tidak diperbolehkan keluar selama pelatihan CLF dan UT Kapal Pesiar, terkecuali sangat mendesak dan atas izin dari BLK Lotim.


Tanya: Apakah BLK akan membuka pelatihan kapal pesiar untuk CLF dan UT untuk tahun depan 2022-2025?

Jawab: Ya Insyaallah, Kuota dan batasan anggarannya dan belum dapat ditentukan kepastiannya.


Tanya: Apakah bisa wawancara lewat videocall /whatsapp/skype untuk calon siswa yang berada diluar pulau lombok ataupun yang berada di Lombok?

Jawab: Ya bisa, selama persyaratan dan kualifikasi terpenuhi, maka wawancara seleksi calon siswa kapal pesiar BLK dapat menggunakan video call/skype/whatsapp.


Tanya: Apabila tidak mempunyai uang untuk pembuatan paspor, BST, SAT dan lain lain, apa masih bisa tetap mendapatkan pelatihan?

Jawab: Ya. 


Tanya: Apakah bertato dibagian tubuh yang terlihat dapat melamar sebagai CLF dan UT dikapal Pesiar?

Jawab: Ya, Bisa. Selama persyaratan dan kualifikasi terpenuhi.


Tanya: Apakah laki-laki dengan telinga yang ditindik bisa melamar kerja sebagai CLF dan UT di kapal Pesiar?

Jawab: Ya, Selama persyaratan dan kualifikasi terpenuhi.


Tanya: Apakah bisa memilih user kapal pesiar yang diinginkan?

Jawab: Ya, Bisa. Selama agen perekrutan yang dipilih user membuka lowongan pekerjaan CLF dan UT dan tidak melakukan pungutan liar baik secara langsung ataupun tidak langsung atau tersembunyi kepada siswa kapal pesiar BLK Lotim.


Tanya: Berapakah biaya pembuatan Visa?

Jawab: Tergantung berapa visa yang diperlukan, disesuaikan dengan daerah pelayaran kapal pesiar, untuk visa amerika sebesar US$.180, Schengen Visa sekitar US$.100-180 dan biaya proses sekitar US$.25.

Pembayaran dilakukan langsung kepada agen atau kedutaan.


Tanya: Apabila tidak lulus Full Medik, apakah masih bisa melamar atau ditempatkan di kapal pesiar?

Jawab: Ya, apabila tidak lulus medik kemudian diobati penyakit yang dideritanya kemudian sembuh, melakukan Full Medik kembali dan lulus, maka proses penempatan bisa dilakukan kembali.

Jawab: Tidak, apabila sakit yang diderita tidak sembuh setelah diobati, atau setelah diulangi full medical check upnya ternyata tidak lulus.


Tanya: Apa yang dilakukan apabila ada pungutan untuk masuk pelatihan di BLK?

Jawab: Dilarang keras membayar uang atau menjanjikan uang kepada pihak ketiga untuk dapat mengikuti pelatihan kapal pesiar CLF dan UT di BLK Lotim. Pelatihan di BLK adalah gratis, subsidi dari pemerintah, termasuk gratis seragam teori, seragam praktek, buku, tas, akomodasi, makan dan minum. Terkecuali biaya dokumen pribadi, Biaya Dokumen pribadi adalah biaya yang diperlukan untuk kepentingan pribadi, seperti; pembuatan paspor, buku pelaut, BST dan SAT, Medikal, Visa dan Tiket yang harus dibayarkan langsung kepada yang berkepentingan. Dilarang melakukan pembayaran apapun oleh siswa didalam lingkungan BLK Lotim.


Tanya: Apa yang harus dilakukan apabila saya sudah membayar sejumlah uang kepada pihak ketiga untuk mengikuti pelatihan di BLK Lotim.

Jawab: Harap melapor kepada pihak penyelenggara BLK (085333572870), secara lisan dan didukung dengan tulisan yang ditanda-tangani, tulisan tersebut menjelaskan kronologis kejadian dan nominal yang dibayarkan, dan sertakan tanda-terima pembayaran apabila ada. Kelas yang anda ikuti tidak dapat dimulai sebelum permasalahan tersebut dapat diatasi bersama. BLK menjaga kerahasiaan setiap laporan yang masuk kepada BLK Lotim.


Tanya: Apakah siswa harus membayar tiket pesawat untuk join kapal pesiar?

Jawab: Ya, apabila anda melamar sebagai CLF dan UT ke USER tertentu, tiket dibayar pada saat kontrak pertama, selanjutkan pihak user akan memberikan tiket pulang gratis, dan tiket pulang dan pergi kontrak selanjutnya adalah gratis. Tiket dapat dibeli sendiri atau dapat dibantu oleh agen kapal pesiar, Anda bebas untuk memilih sesuai keinginan Anda.


Tanya: Apakah perlu vaksin untuk join kapal dan PCR Test untuk tes Covid19?

Jawab: Ya, Vaksin yang diperlukan adalah MMR atau MMRR atau Yellow Fever, dilakukan di Rumah sakit atau klinik yang resmi ditunjuk oleh User, harganya sekitar Rp. 400.000 – Rp. 750.000, juga PCR Test untuk test Covid19, penyedia PCR Tes adalah klinik atau Rumah Sakit yang ditunjuk oleh User.


Tanya: Apakah siswa perlu KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) untuk bekerja di kapal pesiar?

Jawab: Tidak Perlu.


Tanya: Apakah siswa perlu SID (Seafarer Identity Card) yang dikeluarkan oleh Dephubla Jakarta?

Jawab: Tidak Wajib, SID diperlukan apabila siswa ditempatkan di South America, Seperti Brazil, Peru dll. Dan itupun tidak wajib.


Tanya: Apakah siswa perlu untuk stempel paspor umum yang dimilikinya, menjadi paspor pelaut (proses sign on)?

Jawab: Tidak Perlu, Peraturan ini sudah dicabut oleh Dirjen Imigrasi dari kementerian Kemenkumhan


Tanya: Apakah persyaratan dan kualifikasi untuk melamar sebagai CLF dan UT kapal pesiar di BLK Lotim?

Jawab: persyaratan dan kualifikasi sebagai CLF dan UT adalah sebagai berikut;

Kualifikasi Umum

Min. Berusia 19 - 40 tahun

Min. Memiliki 6 Bulan pengalaman, di hotel berbintang baik bekerja / training 3 – 5 Stars Hotel

Bisa berbahasa Inggris, Sehat Jasmani dan Rohani

Sopan, Ramah, Menarik, dan Rapi

Min. Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Mau bekerja di kapal pesiar


Document Requirements

Akta Lahir

KTP

Kartu Keluarga

SKCK (Polres)

Ijazah

Sertifikat Kursus

Surat referensi pernah bekerja atau pernah Job Training di hotel

Pas Foto ukuran 3x4=7 buah (Latar Biru, Dasi Hitam, Kemeja Putih)

Min. Tinggi 160cm untuk laki-laki dan 155cm untuk perempuan


Tanya: Apakah ada nomor WA/HP yang bisa dihubungi oleh para calon siswa?

Jawab: Ya, HP/WA : 085.333.572.870 dan Telp BLK (0376) 2991020,


Tanya: Apakah ada alamat email yang bisa dihubungi?

Jawab: Ya. BLKLotim.KapalPesiar@gmail.com


Tanya: Apakah perlu soft kopi untuk dokumen sebagai persyaratan untuk mengikuti pelatihan di BLK?

Jawab: Ya, Selain hard Copy, Soft copi juga harus disiapkan untuk semua dokumen yang disyaratkan dan di simpan di flash disk termasuk CV, foto, Akta Lahir, KTP, Kartu Keluarga, ijazah, Sertifikat, Surat Keterangan Sehat dan lain-lain. Hal ini diperlukan untuk mempermudah pendaftaran di Sisnaker, Pembuatan Paspor dan Buku Pelaut, dan lainnya yang diperlukan.


Tanya: Apakah boleh SKCK dari Polsek?

Jawab: Tidak, SKCK harus sampai Polres, karena diperlukan untuk proses pembuatan buku pelaut, dan kemudian nanti untuk visa. Untuk pembuatan SKCK Polres dapat dilakukan secara online dan langsung mendatangi Polres setempat tanpa harus ada surat pengantar dari Desa, Kecamatan, Polsek dan lain lain.


Tanya: Apakah boleh keluarga menjenguk selama proses pelatihan?

Jawab: Boleh, selama tidak menggangu proses pelatihan dan pembelajaran di kelas kapal pesiar.


Tanya: Berapa lamakah Teori dan Berapa Lama Praktek?

Jawab: Porsi Teori dan praktek akan disesuaikan dengan kebutuhan siswa CLF dan UT di BLK lotim.


Tanya: Apakah siswa bisa mencuci pakaian di BLK?

Jawab: Ya, Agar supaya siswa-i dapat berkonsentrasi pada pelatihan dan belajar, maka disarankan siswa untuk memanggil/mengkoordinasi/mengumpulkan pakaian kotornya ke binatu atau jasa laundry yang ada disekitar BLK, hal ini bisa dikoordinasi oleh ketua kelas masing-masing dan pembayaran langsung kepada binatu atau jasa laundry. Selain itu siswa-siswi juga dapat mencuci pakaiannya masing-masing di BLK Lotim karena tersedia mesin cuci dan setrika.


Tanya: Nama di KTP dan di Akta lahir lahir saya berbeda, apakah saya bisa mengikuti pelatihan di BLK?

Jawab: Ya; kesalahan data pada dokumen pribadi akan menghambat pembuatan dokumen lainnya; seperti paspor, BST, SAT, Buku Pelaut dan lainnya, juga menghambat proses penempatan bekerja ke kapal pesiar. Untuk itu, sebelum mengikuti kelas, siswa wajib memiliki dokumen dasar yang benar dan sesuai baik itu akta lahir, ktp, kartu keluarga dan Ijazah.


Note: Setelah membaca tanya-jawab seputar pelatihan kapal pesiar ini, silahkan cek dan bandingkan dengan Anda; semua syarat-syarat, kualifikasi yang telah dijelaskan diatas baik kemampuan pengetahuan, keterampilan, kemampuan bahasa inggris, pengalaman kerja, kesehatan dan finansial untuk pengurusan dokumen anda, syarat-syarat dan kualifikasi pekerjaan dan lain sebagainya.


Apabila Anda yakin dan memenuhi kualifikasi, silahkan untuk menghubungi kami, yang khusus menangani perekrutan dan pelatihan kapal pesiar di BLK Lotim adalah Pa Nur di 085.333.572.870 (WA). Persiapkan semua data yang diperlukan baik dalam bentuk hard copy atau soft copy, dan persiapkan bahasa inggris Anda.

Tunggulah hasil konfirmasi lolos dan tidaknya, untuk mengikuti pelatihan di BLK Lotim, setelah Anda dinyatakan lolos, Anda akan di intruksikan untuk mengunjungi link berikut ini; Silahkan klik https://account.kemnaker.go.id/register, Silahkan untuk membuat akun Anda di situs kemnaker tersebut, setelah mempunyai akun, silahkan pilih pelatihan mana yang akan anda ikuti. Daftarkan diri dan pastikan bahwa anda telah terdaftar di situs sisnaker untuk pelatihan kapal pesiar dan perioda waktu pelatihannya. Penting; Daftar di Sisnaker adalah wajib dilakukan setelah Anda diterima, lolos untuk mengikuti pelatihan di BLK Lotim.


Demikian, Semoga Bermanfaat, Sukses Dan Berhasil. Terima kasih.

Pa Nur HP/WA 085.333.572.870
BLKLotim.Kemnaker.go.id
Email: BLKLotim.KapalPesiar@gmail.com
Facebook: BLKLotim.KapalPesiar
https://account.kemnaker.go.id/register

langganan info loker di bit.ly/nesianet

0 Comments

Posting Komentar