Mengenal Lisensi Creative Commons dan Standard di YouTube


Creative Commons

Lisensi Creative Commons menyediakan cara standar bagi kreator konten guna memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan karyanya. YouTube mengizinkan kreator untuk menandai videonya dengan lisensi Creative Commons CC BY.

Jika Anda menandai video Anda dengan lisensi CC BY, artinya Anda yang memegang hak cipta. Kreator lain dapat menggunakan kembali karya Anda sesuai dengan persyaratan lisensi.

Creative Commons di YouTube
Kemampuan untuk menandai video yang diupload dengan Lisensi Creative Commons tersedia bagi semua kreator.

Lisensi YouTube standar merupakan setelan default untuk semua upload. Untuk meninjau persyaratan lisensi YouTube standar, baca Persyaratan Layanan kami.

Lisensi Creative Commons hanya dapat digunakan pada konten yang 100% asli. Jika terdapat klaim Content ID pada video Anda, Anda tidak dapat menandai video tersebut dengan Lisensi Creative Commons.

Dengan menandai video asli Anda dengan Lisensi Creative Commons, Anda memberikan hak bagi semua komunitas YouTube untuk menggunakan kembali dan mengedit video tersebut.

Konten yang memenuhi syarat untuk diberi Lisensi Creative Commons
Anda hanya dapat menandai video yang diupload dengan Lisensi Creative Commons, jika seluruhnya berisi konten yang dapat Anda beri lisensi berdasarkan lisensi CC BY. Berikut adalah beberapa contoh konten yang dapat diberi lisensi:

Konten asli buatan Anda
Video lain yang ditandai dengan lisensi CC BY
Video dalam domain publik

Lisensi Standar

Merupakan video asli buatan sendiri, jika menggunakan kombinasi potongan video (mashup) dan lain sebagainya juga merupakan bahan-bahan yang dimiliki sendiri sehingga orang lain dilarang menggunakan seluruh atau sebagian dari video yang kita tandai sebagai lisensi YouTube Standard, dalam hal ini, menggunakan potongan video orang lain melanggar lisensi ini.

0 Comments

Posting Komentar