Keunggulan Signal, Aplikasi Alternatif WhatsApp & Telegram

 Keunggulan Aplikasi Signal Alternatif WhatsApp & Telegram

Foto: (Ist)

Kebijakan privasi baru yang telah dikeluarkan oleh aplikasi populer WhatsApp ternyata membuat sejumlah pengguna memikirkan alternatif pengganti platform pengirim pesan. Signal sebagai salah sau aplikasi pengirim pesan diklaim lebih baik dari WhatsApp bahkan Telegram.

Signal menawarkan berbagai jumlah fitur keamanan yang bahkan tidak dimiliki oleh kedua platform lainnya. Misalnya saja dengan dukungan penggunaan end-to-end encryption untuk semua fiturnya.

Teknologi ini juga telah diimplementasikan di WhatsApp tetapi Telegram tidak menerapkannya. Dengan menggunakan Signal dikabarkkan bahwa platform tidak bisa membaca isi pesan pengguna.

Arti dari end-to-end encryption berarti pengguna yang mengirim dan menerima pesan yang dapat membaca isi obrolan, bahkan platform tidak bisa membacanya.

The Next Web, Selasa (12/01/2021) menyebutkan untuk mendaftar di Signal hanya meminta pengguna untuk memasukkan nomor telepon saja. Selain dari itu platform tidak mengetahui apapun soal akun setiap penggunanya.

Ketika melakukan pencarian, signal hanya mengirimkan nomor yang dipotong secara kriptografis sementara nama atau informasi lain tidak ditransmisi maupun dalam server aplikasi.

Sementara dari segi back up, Signal hanya mampu mentransfer P2P di iOS serta manual bagi Android. Tidak hanya itu, Signal juga memiliki fitur screen security, membuat aplikasi tidak akan menampilkan preview di luar aplikasi. selain itu juga pengguna bisa menggunakan pin untuk membuka aplikasi.

Disamping itu, Telegram mengaku akan mengumpulkan data Nomor ponsel dan kontak pengguna ketika mereka melakukan pendaftaran. Aplikasi tersebut juga dapa mengakses username dan foto profil pengguna.

Telegram mengklaim bahwa data-data yang dikumpulkan itu tidak akan digunakan untuk menampilkan iklan pada penggunanya. (CNBC INDONESIA)

0 Comments

Posting Komentar