Harun Yahya Trending, Ada Apa?

Harun Yahya

Cuitan yang mencantumkan nama Harun Yahya menjadi Trending in Indonesia / TTI - Trending Topik Indonesia - Ribuan orang mencuitkan, meretweet dan menquote-retweet cuitan tentang ini karena berita terkait vonis pengadilan Turki yaitu 1075 tahun penjara kepada Adnan Oktar atau yang selama ini dikenal dengan nama Harun Yahya. Vonis ini terkait kasus kejahatan seksual pada orang di bawah umur, penipuan, serta upaya memata-matai pemerintah dalam hal militer dan politik.

Adnan Oktar dengan nama penanya Harun Yahya, terkenal sebagai penceramah muslim yang juga menulis artikel dan buku yang paling terkenal adalah buku yang membahas tentang penciptaan alam dan lain sebagainya. Harun Yahya dinilai tidak pantas sebagai penceramah atau pembicara dalam hal keagamaan karena dianggap sesat dan seringkali melakukan kesesatan di komunitas yang dibentuk yang belakangan disinyalir merupakan sekte perilaku menyimpang.

Lalu bagaimana dengan vonis 1.075 tahun penjara? Vonis seperti ini memang sering dijatuhkan untuk memberi pemahaman tentang seberapa besar kesalahan seseorang, yang kedua juga untuk menghindari kerancuan karena dalam beberapa sistem perundang-undangan pidana, penafsiran hukuman seumur hidup seringkali lebih condong kepada hukuman dengan jumlah masa tahanan sama dengan umur saat ia divonis, misal dengan penafsiran ini orang yang saat divonis penjara seumur hidup berusia 45 tahun, maka ia akan menjalani hukuman seumur hidupnya saat itu, yaitu 45 tahun. Maka untuk menghindari kerancuan tersebut, banyak yang lebih menggunakan angka walaupun dapat dipastikan usia manusia tidak akan menyentuh angka tersebut (1000 tahun) maka vonis ini berarti merenggut kebebasan penjahat atau terpidana agar menjalani hukuman sampai tutup usia, bukan berarti setelah mati mayatnya tetap di dalam sel tahanan sampai 1000 tahun loh ya. Kata Humaedi Suhada, ketua umum NesiaNet Community & Business.

Dia menambahkan dengan menceritakan pengalaman pribadinya tentang ini, dimana dahulu sejak masih kecil selalu menunggu video acara Harun Yahya ini di TVRI setiap jam 5.30 sore, sepulang dari Diniyah. Kemudian tidak lama setelah kepopulerannya Harun Yahya tersandung berbagai tudingan penyimpangan perilaku terutama penyimpangan sosial-seksual yang sekarang dibuktikan melalui pengadilan.

0 Comments

Posting Komentar