Disnaker Mataram Siapkan Aplikasi Bursa Kerja

Disnaker Mataram Siapkan Aplikasi Bursa Kerja

Ilustrasi: Lombok Epicentrum Mall sebagai salah satu pusat tenaga kerja di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Untuk memfasilitasi para pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, bakat dan minatnya melalui sistem jaringan secara daring atau online Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan aplikasi bursa kerja untuk para pencari kerja sehingga dimudahkan dalam mencari pekerjaan.

Seperti keterangan yang diberikan pada Selasa 05/01/2021 di Mataram, oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Hariadi yang mengungkapkan bahwa pihaknya pada tahun ini tidak menggelar job fair secara terbuka, seperti tahun-tahun sebelumnya, karena untuk menghindari kerumunan sesuai dengan peraturan protokol kesehatan Covid-19. Akan tetapi bursa kerja tahun ini akan dilakukan melalui aplikasi.

Ia mengatakan bahwa aplikasi bursa kerja itu saat ini sedang dalam rancangan oleh tim, yang ditargetkan aplikasi tersebut sudah dapat dimanfaatkan dalam triwulan pertama tahun 2021.

Ia juga menambahkan untu persiapanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai dengan klarifikasi yang ditentukan untuk dimaksukkan dalam data lowongan kerja, sehingga para pencari kerja dimudahkan.

Hariadi juga menerangkan bahwa dalam aplikasi bursa kerja tersebut pencari kerja dapat dengan mudah mencari lowongan pekerjaab sesuai dengan kemampuan mereka dan dilengkapi juga dengan kolom pengaduan ketika ada hal-hal yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan.

Ia berharap semoga dengan adanya aplikasi bursa kerja ini dapat mengakomodasi pengangguran terbuka yang ada di Kota Mataram dengan jumlah berkisar 12.000 orang.

Hariadi dalam penuturannya juga menambahkan bahwa disnaker pada tahun 2020 tidak menyelenggarakan kegiatan bursa kerja, karena terjadinya pandemi Covid-19, sehingga dana anggaran tersebut dialihkan untuk penanganan Covid-19. (ANTARA NTB)

Saat ini sebenarnya terdapat situs yang menyediakan informasi lowongan kerja, bursa kerja, magang, beasiswa, pelatihan kerja, seleksi CPNS/CPPPK, dan info ketenagakerjaan lainnya khusus untuk wilayah Mataram Lombok NTB, masyarakat dimudahkan karena untuk mendapatkan informasi tersebut cukup mengetikkan "lowongan kerja nesianet" atau "nesianet" di Google, lalu kunjungi situs nesianet .com dan silahkan pilih "Lowongan Kerja" yang diharapkan. #NesiaNet

0 Comments

Posting Komentar