900 Homestay Siap Sambut MotoGP 2021 di Lombok

900 Homestay Siap Sambut MotoGP 2021 di Lombok
Anggota Komisi V DPR RI Bidang Infrastruktur dan Perhubungan, H Suryadi Jaya Purnama. (ANTARA/Nur Imansyah).


 Pada Jum'at 01/01/2021 H. Suryadi Jaya Purnama selaku Komisi V DPR RI Bidang Insfrastruktur dan Perhubungan dalam diskusi pariwisata bersama dengan sejumlah wartaman di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, telah menyampaikan bahwa pada tahun 2020 terdapat beberapa program yang telah berhasil pihaknya advokasi. Salah satunya ialah program Homestay di Lombok Tengah dan Lombok Utara. Sejauh ini proresnya telah mencapai 97% dan sudah dapat dikatakan rampung.

Suryadi juga menyatakan, program Homestay adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR atau yang biasa disebut dengan program bedah rumah. Namun, karena Lombok telah menjadi salah satu destinasi super prioritas nasional, maka pada tahun 2020 program tersebut ditingkatkan untuk mendukung sektor pariwisata.

Rumah yang dibedah di Lombok, tidak sekedar membenahi menjadi layak huni, melainkan juga ditingkatkan untuk layak dihuni bagi para wisatawan. Sedangkan untuk dana yang dikeluarkan sebagai stimulan program tersebut sangatlah variatif untuk setiap rumah, berkisar dari Rp 35 juta hingga Rp 115 juta. Total anggaran untuk pembangunan program tersebut mencapai Rp 62,23 miliar.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dibangunnya Homestay ialah sebagai tempat peristirahatan dan menginap bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Lombok. Dan adanya program ini dapat memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat penerima program. Contoh saja, apabila ada 3 kamar dan 1 kamar dibenahi standar hotel bertarif Rp 250 ribu, itu telah dapat memberikan nilai ekonomis bagi para penerima manfaat.

Menurutnya, program bedah rumah PUPR yang ditingkatkan di Lombok menjadi sebuah program yang sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di kawasan daerah penyangga KEK Mandalika dan destinasi wisata lainnya. Apalagi tahun ini Lombok menjadi tuan rumah penyelenggara perhelatan event terbesar yakni MotoGP yang diperkirakan mampu menyerap hingga 150 ribu kunjungan wisatawan.

Ia pun memaparkan bahwa 900 lebih Homestay itu sebagian besar tersebar di Lombok Tengah khususnya di sekita desa-desa di lingkar KEK Mandalika. Selanjutnya sebagian kecel lainnya tersebar di kawasan Gili Matra, Lombok Utara.

Suryadi menjelaskan sekitar 800-an ada di sepanjang jalan Bandara Lombok menuju Pantai Kuta. Kemudian di lingkar Mandalika sekitar 300-an.
Suryadi juga mengatakan atas selesainya program Homestay ini pada minggu 03/01/2021 di Desa Grupuk, Lombok Tengah akan diadakan syukuran atau roah yang akan digelar secara kolektif dan menghadirkan para pemilik Homestay.

Ia juga menjelaskan, usai kamar Homestay selesai maka ke depan dipersiapkan untuk pelatihan dan peningkatan kapasitas masyarakat di dusun dan desa penerima manfaat program.
Ia pun kembali menambahkan bahwa tahun 2021, pihaknya telah berhasil mengusulkan agar Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan program yang sama di Lombok. (ANTARA NTB)

0 Comments

Posting Komentar