Per 1 Januari 2021 Indonesia Tutup Akses Masuk Bagi WNA Semua Negara

 Per 1 Januari 2021 Indonesia Tutup Akses Masuk Bagi WNA Semua Negara
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengumumkan penutupan pintu masuk sementara bagi WNA ke Indonesia terkait COVID-19 varian baru, dalam konferensi pers virtual, Senin (28/12/2020). ANTARA/Suwanti/am.

Pada Senin, 28/12/2020 Pemerintah Indonesia mengumumkan penutupan sementara pintu masuk bagi seluruh warga negara asing (WNA) dari semua negara mulai dari Januari 2021. Keputusan pemerintah tersebut diambil lantaran munculnya varian baru virus penyebab Covid-19 yang disebutkan menular jauh lebih cepat.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri RI yakni Retno Marsudi dalam konferensi persnya yang dilakukan secara virtual. Ia menyebutkan bahwa penutupan sementara dilakukan mulai pada 1 sampai 14 Januari 2021.

Namun peraturan tersebut tidak berlaku bagi para pejabat tinggi negara asing yang setingkat dengan menteri ke atas, akan tetapi tetap harus disertai dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.

Retno menyebutkan WNA yang tiba di Indonesia pada hari ini hingga tanggal 31 Desember 2020 masih diizinkan untuk masuk ke Indonesia dengan ketentuan hasil PCR negatif dari negara asalnya yang berlaku maksimal 2x24 jam sebelum jam keberangkatan, serta tes PCR ulang setelah tiba di Indonesia.

Kemudian apabila terbukti negatif dalam kedua tes PCR tersebut, WNA diminta melakukan karantina wajib selama 5 hari, dan setelahnya harus menjalani tes PCR lagi.

Ia pun menambahkan jika hasilnya negatif maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan.

Bagi semua warga negara Indonesia (WNI) yang hendak pulang dari luar negeri tetap diizinkan masuk, dengan ketentuan harus melakukan tes PCR yang sama dengan ang telah disebutkan di atas. (ANTARA NEWS)

0 Comments

Posting Komentar