I. Pengenalan Google Flutter: Tentang Flutter & Bekerja dengan Flutter di Windows

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bagi teman-teman yang berniat mempelajari pemrograman, kita akan mempelajari bahasa pemrograman Google Dart dan menggunakan SDK pemrograman Google Flutter dan dikerjakan atau dibangun menggunakan perintah baris (command-line), Android Studio, dan Visual Studio Code. Untuk perangkat yang saya gunakan adalah PC Linux (Ubuntu 18.04) dan Windows 10, saya akan membahas pemrograman Flutter + Dart di PC Windows, saya rekomendasikan Windows 10 karena hanya Windows 10 yang akan terus mendapat pembaruan dari Microsoft sehingga kestabilan dan keamanannya terjamin.

Catatan: Proses instalasi software/aplikasi dan pembuatan aplikasi Flutter membutuhkan koneksi internet.

Belajar Google Flutter dan Dart NesiaNet
flutter.dev


Flutter adalah framework open-source (gratis) berbentuk software development kit (SDK) buatan Google yang harus terinstall untuk bisa menggunakan bahasa pemrograman Google Dart. Flutter dengan Dart dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android maupun iOS. Dengan menggunakan Flutter, Dart dapat digunakan untuk membangun aplikasi Android maupun iOS. Sebelumnya, aplikasi murni (native) untuk Android dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java atau Kotlin, dan iOS menggunakan Objective-C dan Swift, dengan Flutter, pemrograman kedua platform tersebut cukup menggunakan bahasa Dart tanpa harus mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman yang berbeda.
A. Sekilas tentang Flutter

Flutter dirilis pada Mei 2017 ke publik dalam versi Alpha/v.0.0.6. Kita akan menggunakan Flutter v.1.0 (Stable - https://flutter.io / flutter.dev) untuk pembelajaran kedepan.

Catatan: Meskipun Flutter dapat digunakan untuk membuat aplikasi iOS, namun yang akan kita pelajari adalah penggunaan Google Flutter SDK dan bahasa Google Dart untuk memprogram/membuat aplikasi Android.

B. Bekerja dengan Flutter di Windows

Untuk sistem operasi Microsoft Windows, Google Flutter SDK membutuhkan minimal Windows 7 Service Pack 64-bit, jadi akan lebih baik jika menggunakan sistem operasi yang lebih tinggi, seperti Windows 10 Pro, dan lain sebagainya. Selain itu Flutter juga bergantung pada program Git, dan Microsoft Powershell 5.0 (Minimal), versi ini atau yang lebih baru sudah termasuk dalam sistem operasi Windows 7 SP1 ke atas (7 SP1, 8, 8.1, 10). Untuk aplikasi git versi Windows bisa diunduh di https://git-scm.com/download/win

Selanjutnya instalasi Flutter SDK (unduh di Flutter.io / flutter.dev), setelah unduh ikuti langkah berikut

1. Buat direktori (folder) bernama src flutter berikut untuk tujuan instalasi di c:\ sehingga tercipta direktori c:\src\
2. Ekstrak Flutter SDK ke folder tersebut sehingga Flutter SDK akan berada di c:\src\flutter\
3. Daftarkan direktori c:\src\flutter\bint ke dalam variabel PATH

C. Instalasi Android Studio (Rekomendasi)

Unduh file installer di developer.android.com/studio/ lalu lakukan instalasi, pembuatan emulator, serta konfigurasi plugin Flutter dan Dart, caranya akan segera kami rilis di YouTube.com/NesiaNet, cari video berjudul I. Pengenalan Flutter: Tentang Flutter & Bekerja dengan Flutter di Windows.

D. Instalasi Visual Studio Code (Opsional)

Cukup pilih salah satu, ingin menggunakan Google Android Studio atau Microsoft Visual Studio sebagai editor, compiler, dan emulator dari Flutter SDK dan bahasa Dart. Unduh Visual Studio Code di code.visualstudio.com. Cara konfigurasi juga akan tersedia di YouTube.com/NesiaNet, cari video berjudul I. Pengenalan Flutter: Tentang Flutter & Bekerja dengan Flutter di Windows.

InsyaAllah, Selanjutnya.

Bagian I. Pengenalan Flutter: Membuat dan Menjalankan Aplikasi Flutter
Bagian II. Pengenalan Dart: Tentang Dart & Software yang Dibutuhkan untuk Membuat Program Dart

Oleh: Humaedi Suhada
#NesiaNet #NesiaTech #NesiaScholar

Jual Buku Pemrograman Android dengan Google Flutter dan Dart Mataram Lombok
https://www.google.com/search?q=jual+buku+pemrograman+android+dengan+google+flutter+dan+dart+mataram+lombok+nesianet

Jika link unduhan tidak tersedia lagi atau rusak, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.

Mengutip? atau Copy-paste? Silahkan sertakan teks berikut:

Publikasi Pertama di google.com/search?q=NesiaNet+I.+Pengenalan+Google+Flutter:+Tentang+Flutter+&+Bekerja+dengan+Flutter+di+Windows Humaedi Suhada/NesiaNet/2020 (c) Budi Raharjo/Informatika Bandung/2019


syukron wa duntum fil barokati wannajah, Wahuwal muwaffiq ila aqwamit-tharieq, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Comments

Posting Komentar