Standard YouTube License vs. Creative Commons

Sharing Session

Ketika datang ke hak cipta YouTube, Anda mungkin telah melihat video cc di YouTube. Sementara di artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda perbedaan antara lisensi standar YouTube dan lisensi Creative Commons.


Apa itu Lisensi YouTube Standar?

Lisensi standar adalah izin dari otoritas yang kompeten untuk memiliki atau menggunakan sesuatu. Dalam hal internet pada dasarnya didasarkan pada izin untuk menggunakan, menyalin, atau mendistribusikan konten yang tersedia online. YouTube adalah situs web berbagi video dengan seperangkat aturan dan peraturan sendiri sesuai dengan kebijakan lisensinya.

Ketika seorang pengguna mengunggah video, ia memiliki opsi opsi lisensi yang dapat ia pilih. Opsi pertama adalah "Lisensi YouTube standar" yang berarti Anda memberikan hak siar ke YouTube. Ini pada dasarnya berarti bahwa video Anda hanya dapat diakses dari YouTube untuk tujuan menonton dan tidak dapat direproduksi atau didistribusikan dalam bentuk lain apa pun tanpa persetujuan Anda. Jenis lisensi kedua adalah "Creative Commons".


Apa perbedaan antara "Lisensi YouTube Standar" dan "Creative Commons"

Perbedaan mendasarnya adalah bahwa, dengan lisensi standar, tidak seorang pun dapat menggunakan video Anda untuk mereproduksi sebagai karyanya sendiri (tanpa menandai dengan jelas video dari video asli). Namun dalam lisensi standar pengunggah video asli memiliki hak untuk mengatakan "tidak" untuk menggunakan kembali videonya karena arti dari perubahan video sama sekali.

Namun, jika Anda memilih lisensi creative commons saat mengunggah maka penulis dapat menggunakan bagian apa pun dari karya penulis asli. Biasanya diizinkan untuk mengedit, mengkompilasi ulang, mengubah atau mengubah karya asli kecuali beberapa hal yang terdaftar. Ini termasuk hak cipta dari karya asli dan menyebutkan dengan jelas bahwa karya tersebut berasal dari sumber asli. Selain itu, penulis asli tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang disebabkan oleh karya turunan. Inilah perbedaan kedua lisensi satu sama lain.


3 Pertanyaan umum untuk "lisensi standar YouTube"?

Apakah saya ilegal berbagi video lisensi YouTube Standar dengan teman-teman saya di Facebook?
Tidak apa-apa untuk berbagi video berlisensi YouTube di Facebook atau media sosial apa pun karena pertama-tama jika berbagi dilarang maka mungkin tidak akan ada plug tombol share. Selain itu, dengan mengklik share atau copy-paste URL yang baru saja Anda tunjuk ke video bertuliskan nama dan URL penulis aslinya. Karenanya, itu tidak ilegal.

Dapatkah perusahaan media (seperti acara TV) menampilkan video saya tanpa izin saya?
Perusahaan media pada umumnya adalah organisasi yang sangat menguntungkan. Karenanya sebelum menggunakan konten mereka perlu mencari izin hukum dari pembuat asli video. Ini terutama terjadi ketika pemilik video telah menggunakan lisensi standar. Maka wajib bagi rumah media untuk mengambil izin dari pemilik video asli yang telah mengunggah video di tempat pertama.

Dapatkah saya menggunakan video yang ditandai sebagai "lisensi standar YouTube" untuk video nirlaba?
Untuk video berlisensi standar YouTube ada aturan hukum yang keras dan cepat. Penulis asli dapat mengklaim karyanya karena ia telah diberi hak tertentu untuk melakukannya. Untuk video nirlaba lagi, Anda mungkin perlu meyakinkannya tentang fakta bahwa Anda belum mendapatkan apa pun dari penggunaan kontennya. Jadi masih disarankan untuk meminta izin pada awalnya.

6 komentar


EmoticonEmoticon