Menonaktifkan Microsoft Consumer Experience pada Windows 10

NesiaTech - Sistem operasi Microsoft Windows 10 dikirimkan tidak hanya dengan pilihan aplikasi yang dibuat oleh Microsoft tetapi juga aplikasi pihak ketiga atau tautan aplikasi yang ditempatkan secara jelas di menu mulai sistem operasi. Setiap kali Anda membuat akun pengguna baru di Windows 10, atau memulai sistem untuk pertama kalinya setelah layar "bersiap-siap", Anda akan melihat beberapa aplikasi dan tautan pihak ketiga di menu mulai.

Saat ini, dan ini termasuk stabil Windows 10 build 10586.122 terbaru yang dirilis pada 2 Maret 2016 dan build Windows 10 Insider terbaru yang berada pada versi 14271, aplikasi dan tautan ini dapat digunakan pada semua edisi Windows yang berbeda. Lima aplikasi yang disorot dalam menu mulai adalah Candy Crush Soda Saga, Flipboard, Photoshop Express, Minecraft Windows 10 Edition dan Twitter.

Sharing Session

Dari kelima aplikasi tersebut, hanya Candy Crush Soda Saga yang sudah diinstal sementara ubin aplikasi yang tersisa mengarah ke masing-masing daftar Windows Store dari aplikasi tersebut.

Cukup mudah untuk mencopot pemasangan Candy Crush Soda Saga dari menu mulai, dan lepaskan sematan ubin lainnya dengan mengklik kanan pada mereka dan memilih tindakan yang sesuai dari menu konteks.

Namun masalah utama adalah bahwa aplikasi ini dapat muncul kembali setelah pembaruan. Sementara pengguna rumahan mungkin merasa ini menjengkelkan, bisnis mungkin lebih membencinya mengingat Candy Crush Soda Saga diinstal pada versi Pro dan Enterprise secara default.

Ada juga kemungkinan bahwa Microsoft dapat menambahkan aplikasi lain ke sistem operasi di masa depan.

Menonaktifkan Pengalaman Konsumen Microsoft
Instalasi aplikasi tambahan dan menyematkan tautan ke halaman Windows Store aplikasi pihak ketiga didukung oleh fitur Microsoft Consumer Experience.

Menggunakan Editor Kebijakan Grup (Group Policy Editor)

Editor Kebijakan Grup hanya tersedia dalam versi Pro dan Enterprise Windows 10. Jika Anda menjalankan edisi Home, lewati bagian ini dan lanjutkan ke bagian selanjutnya yang menjelaskan bagaimana Anda dapat menonaktifkan Microsoft Consumer Experience menggunakan Windows Registry Editor sebagai gantinya.


Sharing Session

Untuk menonaktifkan fitur menggunakan Editor Kebijakan Grup, lakukan hal berikut:

1. Ketuk tombol Windows pada keyboard komputer, ketik gpedit.msc dan tekan enter.
2. Menavigasi jalur Konfigurasi Komputer> Template Administratif> Komponen Windows> Konten Cloud.
3. Klik "Matikan pengalaman konsumen Microsoft".
4. Alihkan status kebijakan ke diaktifkan, dan klik ok sesudahnya.


Kebijakan memiliki uraian berikut:

Pengaturan kebijakan ini mematikan pengalaman yang membantu konsumen memaksimalkan perangkat dan akun Microsoft mereka.

Jika Anda mengaktifkan pengaturan kebijakan ini, pengguna tidak akan lagi melihat rekomendasi yang dipersonalisasi dari Microsoft dan pemberitahuan tentang akun Microsoft mereka.

Jika Anda menonaktifkan atau tidak mengonfigurasi pengaturan kebijakan ini, pengguna dapat melihat saran dari Microsoft dan pemberitahuan tentang akun Microsoft mereka.

Tidak disebutkan aplikasi yang diinstal secara otomatis pada sistem pengguna.

Catatan: Petunjuk untuk mematikan fitur menggunakan MDM disediakan di situs web MSDN Microsoft.


Menggunakan Windows Registry Editor

Anda dapat menonaktifkan Microsoft Consumer Experience di Windows Registry juga.

Sharing Session

1. Ketuk tombol Windows pada keyboard Anda, ketik regedit.exe dan tekan enter.
2. Konfirmasikan permintaan UAC yang muncul.
3. Arahkan ke kunci berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ Windows \ CloudContent
4. Temukan Dword DisableWindowsConsumerFeatures di sebelah kanan setelah memilih CloudContent, dan klik dua kali pada entri.
5. Setel nilai Dword ke 1, klik oke, dan tutup Registry Editor sesudahnya.


Humaedi Suhada

0 Comments

Posting Komentar